Tuesday 4 November 2014

Pantai Tulamben Bali



Pantai Tulamben Bali

Tulamben Bali
Diving di Tulamben tentunya tidak asing bagi wisatawan yang hobi dengan olahraga air menyelam atau sekedar berenang di atas permukaan air laut. Hal ini karena Desa Tulamben sebagai salah satu tempat pariwisata di Bali, memiliki keunikan tersendiri untuk tempat rekreasi di Bali. Keunikannya adalah terdapatnya kapal US Liberty yang karam pada tahun1942. Kapal tersebut ditorpedo oleh kapal selam Jepang pada perang dunia ke-2 sehingga bangkai kapal berada pada kedalaman 30 meter dari permukaan laut.

Para penyelam bahkan pernah bertemu dengan Ikan Mola Mola, Hiu Martil, dan Paus Hiu di perairan Tulamben. Keragaman biota laut lainnya seperti terumbu karang, ikan-ikan hias, plankton, rumput laut dan kehidupan alam laut lainnya menjadikan Desa Tulamben sebagai salah satu tempat penyelaman terbaik di dunia.

Perkembangan pariwisata Indonesia dan di Bali pada khususnya, sangat membantu kemajuan desa. Terbukti dengan akses jalan menuju desa begitu mudah. Apalagi sekarang banyak dibangun penginapan di kawasan ini. Mulai dari hotel melati hingga berbintang dengan harga bervariasi. Restoran pinggir pantai, pedagang acung, tukang pijat, toko makanan dan minuman ringan sangat mudah ditemukan.

Ada juga beberapa hotel yang menyediakan fasilitas belajar scuba diving Bali. Paket diving Tulamben Bali yang ditawarkan mulai dari tingkat pemula, menengah, hingga professional. Bagi yang sudah ahli cukup menyewa peralatan diving dan pemandu dengan setia menemani. Pemandu tentunya sudah berpengalaman dan memiliki ijin menyelam. Menurut informasi pengelola dive centre, untuk dapat menyelam di Tulamben harganya sekitar Rp 900.000 per orang dengan 1 kali menyelam selama 1 jam. Harga sudah termasuk peralatan, asuransi, pemandu berpengalaman dan makan siang.

No comments:

Post a Comment