Wednesday 17 December 2014

Wisata Danau Sentani Jayapura

Wisata Danau Sentani  Jayapura


Wisata danau sentani ada dimana adalah bagian dari kumpulan gallery gambar pada Pemandangan Alam Danau Sentani Papua dengan menggunakan tag foto Danau Sentani,keindahan Danau Sentani,letak Danau Sentani,wisata Danau Sentani.
 
Wisata danau sentani ada dimana

WISATA DANAU SENTANI ADA DIMANA adalah satu dari beberapa contoh gambar atau foto wallpaper dari postingan Pemandangan Alam Danau Sentani Papua
 

1. Letak Geografis dan Luas Danau

Secara Astronomis, Danau Sentani terletak di Kabupaten Jayapura pada koordinat 140o23‘ – 140o50‘ LS dan 2o31‘ – 2o41‘ BT. Danau Sentani terletak di sebelah Selatan Kota Sentani yang merupakan ibukota Kabupaten Jayapura. Danau Sentani terdapat di Kota Sentani yang meliputi Distrik Sentani, Ebungfau, Waibu, dan Sentani Timur. Danau Sentani dikelilingi oleh perkampungan dimana sebagian besar mata pencaharian masyarakatnya dari budidaya perikanan dan pertanian.
Danau Sentani yang memiliki luas 9.630 hektar (ha) dan kedalaman 70 m dpl merupakan satu kesatuan dengan Cagar Alam Pegunungan Cycloops (Jayapura) yang berareal 245.000 ha. Pegunungan Cycloops yang berbatasan dengan Kota Jayapura ditetapkan menjadi cagar alam (tahun 1995), sebagai pusat penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan.

2. Iklim

Kabupaten Jayapura beriklim tropis dengan keadaan suhu maksimum pada siang hari 32,20C dan keadaan suhu minimum pada malam hari 23,60C sehingga temperatur rata- rata  untuk  Kabupaten  Jayapura  dan  sekitarnya  27,60C.  Musim  hujan  di  Kabupaten Jayapura memiliki keteraturan yang tidak tetap dengan kecendrungan pada bulan Desember sampai April angin sering bertiup kearah barat, sedangkan pada bulan Mei sampai November angin bertiup kearah tenggara.

3. Curah Hujan

Musim di daerah Kabupaten Jayapura dan sekitarnya beriklim tropis basah yang rata-rata curah hujan setiap bulan lebih dari 200 mm. Sedangkan keadaan curah hujan di bagian timur Kabupaten Jayapura terdapat Pegunungan Cycloop yang merupakan sumber penyebab curah hujan di daerah ini sebab pada musim angin bertiup dari arah barat laut yang terjadi antara bulan Desember sampai bulan April uap air dibawah dari Samudera Pasifik di daerah pegunungan berubah menjadi hujan, curah hujan rata-rata pertahun adalah 3.276 mm.

4. Hidrologi

Danau Sentani mendapatkan suplai dari sekitar ±34 sumber mata air dari pegunungan Cycloop. Sumber air danau ini berasal dari 14 sungai besar dan kecil. Luas daerah tangkapan air danau sekitar 600 km2. Ada satu muara yaitu Sungai Djaifuri yang terletak di sebelah Timur (daerah Puay). Beberapa inlet Danau Sentani yaitu Sungai Belo, Sungai Flafouw, dan Sungai Harapan.

5. Topografi dan Tata Guna Lahan

Kondisi topografi ekosistem Danau Sentani didominasi oleh pegunungan dan perbukitan yang merupakan bagian dari pegunungan Cycloop dan telah ditetapkan sebagai kawasan cagar alam setempat.
Festival Danau Sentani

Festival Danau SentaniWisata danau sentani banjirbencana Wisata danau sentani
Wisata danau sentani di papua Jayapura meski terletak di ujung nusantara tenyata menyimpan banyak keindahan yang layak untuk dijelajahi. Saah satunya adalah danau Sentani yang terletak di pegunungan Cycloops yang juga merupakan cagar alam. luas danau Sentani kurang lebih 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani juga merupakan salah satu danau terbesar di Papua. Danau indah ini memiliki 22 pulau yang tersebar di sekeliling danau.

Sama seperti tempat unik lainnya yang ada di Indonesia, danau Sentani juga memiliki legenda yang menjadikan tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi. Kisah tentang danau Sentani ini bermula dari Sohibul yang merupakan masyarakat Sentani yang menaiki naga. Kemudian terdampar di wilayah danau Sentani yang mengakibatkan si naga mati dan penunganggnya selamat. Setelahnya mereka membuat sebuah perdaban baru di lingkungan Danau Sentani ini.

Tak hanya di keindahan alam dan legenda yang dijadikan daya tarik wisatwan agar berkunjung ke danau Sentani, namun pemerintah juga mengadkan festival Sentani sebagai usaha untuk mengenalkan Danau Sentani kepada masyarakat lokal dan internasional. Festival ini diadakan setiap tahun yang menampilkan atraksi budaya dari masing-masing suku Sentani. Acara ini pertama kali digelar pada tahun 2008 yang diadakan di Pantai Khalkote, di tepian Danau Setani. Festival ini selalu berlangsung setiap tanggal 19 Juni selama satu pekan berturut-turut.
buaya Wisata danau sentani 
Untuk mengunjungi danau Sentani, anda tidak akan kesulitan dalam hal transportasi. Sebab danau ini hanya berjarak kurang lebih 50 kilimater dari Jayapura. Untuk mengelilingi danau ini juga sudah disediakan perahu yang siap mengantar anda. Di danau Sentani anda dapat melihat beraneka ragam species ikan yang hidup di air tawar yang merupakan ian endemic danau Sentani. Jenis ikan tersebut antara lain ikan gabus danau snetani, ikan pelangi sentani, dan yang paling khas adalah hiu gergaji. Keragaman biota air tawar ini kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat untuk budidaya ikan air tawar.
Pemandangan di danau Sentani ini sunguh sangat memukau mata yang memandang. Ada sekurangnya 24 kampung yang tersebar di pulau-pulau disekitar danau Sentani. Anda bisa menikmati keindahan kampung-kampung tersebut dengan menggunakan perahu yang disewakan, anda juga bisa melakukan aktifitas lainnya seperti memancing, menyelam, ski air, dan yan pasti anda bisa melakukan wisata kuliner mencicipi masakan khas Jayapura yang tak kalah eksotisnya.

Jika anda memutuskan Danau Sentani sebagai tujuan wisata anda, anda tak perlu khawatir untuk mendapatkan penginapan di sana. Pasalnya sebagai daerah kunjungan wisata, danau Sentani juga difasilitasi dengan penginapan yang lumayan murah. Namun jika anda menginnginkan menginap di hotel berbintang sepertinya anda harus mengurungkan niat anda, sebab di sini hanya ada satu hotel berbintang dengan tariff kamar mulai harga Rp 900.000 per malam. Jika harga itu terlalu tinggi untuk anda, cobalah untuk mencari penginapan lain yang harganya jauh di bawah itu. Anda bisa menginap di Sentani Indah Hotel dengan tariff mulai Rp 300.000 per malam. 

Dengan harga itu anda sudah mendapatkan fasilitas yang lumayan komplit. Lokasi hotel ini juga tidak terlalu jauh dari objek wisata karena hanya terletak kira-kira 10 – 15 menit perjalanan untuk sampai di patai Khalkote. Jika anda ingin hotel yang lebih murah lagi anda bisa menentukan pilihan untuk menginap di daerah Jayapura, namun perlu anda perhitungkan jarak antara danau Sentani dengan lokasi anda menginap yang cukup jauh. Jadi anda harus mengeluarkan dana ekstra untuk menyewa mobil atau transportasi lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan anda jika hendak melakukan perjalanan ke Danau Sentani, anda yang datang dari Indonesia bagian barat bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Sultan Hasanudin, Makasar, Sulawesi Seatan. Dari Sultan Hasanudin, perjalanan dilanjutkan menuju Bandara Sentani di Jayapura, Papua. Jika telah sampai di Bandara Sentani untuk melanjutkan perjalanan menuju Danau Sentani tidaklah sulit. Anda cukup menyewa mobil atau menggunakan transportasi umum berupa taksi untuk menuju Danau Sentani yang bisa anda tempuh hanya dalam waktu 15 menit saja. Tak hanya itu, untuk menghemat pengeluaran, anda bisa memilih jasa tukang ojeg untuk mengantar anda langsung ke Danau Sentani atau ingin menuju penginapan terlebih dahulu.
 

cerita Wisata danau sentani

No comments:

Post a Comment