Monday 2 March 2015

TIPS MENUJU KE PUNCAK B29 LUMAJANG DESA ARGOSARI




http://indahwisataindonesia.blogspot.com/

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, salah satu taman nasional di JawaTimur ini memiliki luas wilayah 50.276,3 ha. Berada di wilayah administratif Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang, merupakan salah satu destinasi wisata menarik karena wisatawan bisa melihat keindahan gunung Bromo dan Semeru, gunung tertinggi di pulau Jawa. Dari Semeru ini bisa disaksikan keindahan Pananjakan dan air terjun Madakaripura, konon tempat moksa patih Gajah Mada.

http://indahwisataindonesia.blogspot.com/

Tapi siapa yang mengenal B29?
B29 adalah kawasan tertinggi di kaldera Bromo dengan ketinggian 2900 Mdpl. B29 masih bagian TN Bromo Tengger Semeru, terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Dengan ketinggian 2900 meter di atas permukaan laut puncak B29 lebih tinggi dari gunung Bromo yang mempunyai ketinggian 2392 Mdpl. Terletak di sisi tenggara gunung Bromo, pemandangan yang indah akan segera dirasakan sesampainya di sana.

http://indahwisataindonesia.blogspot.com/

Puncak B29 Lumajang Desa Argosari
Desa Argosari menyuguhkan wisata alam yang sangat indah. Perkebunan sayur mayur seperti bawang prei, kubis, kol , kentang, wortel, dan cabe membuat nuansa khas desa di pegunungan sagat khas. Terasering perkebunan yang tertata rapi dan indah mejadi daya tarik juga. Dari puncak B 29 lumajang terdapat dua pemandangan indah yaitu menuju wilayah perkebunan Argosari yang sejajar dengan pegunungan Mahameru (Gunung Semeru ) dan Kawasan wisata bromo yang meliputi Lautan pasir bromo dengan hamparan awan putih khas dari pemandangan bromo sunrise. Juga indahnya sunrise maupun sunset yang seulah berdiri di atas awan.

jangan lupa sampajhnya tetap di bawa turun


Untuk menuju ke Puncak B29 Argosari memang membutuhkan sedikit adrenalin . Rute jalan  menuju tempat wisata ini cukup berliku dan berkelok-kelok sepanjang lereng Gunung Semeru dari arah Kecamatan Senduro, sekitar 40 kilometer dari arah Kota Lumajang. Dari Kecamatan Senduro, ditempuh dengan rute nuansa pedesaan hingga tiba di Desa Argosari. Dari desa ini untuk ke puncak B-29 ditempuh melaui jalur beraspal yang sudah bagus.
 http://indahwisataindonesia.blogspot.com/

Rute dan Jalur menuju Puncak B29 Lumajang
Jika Anda dari arah Wisata Surabaya atau Wisata Malang bisa langung menuju Kabupaten Lumajang, Menuju Desa Senduro kemudian langsung melalui jalan desa menuju Desa Argosari. Dari desa ini dilanjutkan dengan tetap rute beraspal menuju Puncak B29 Lumajang Desa Argosari .
Bahkan ,kalau Anda suka beradventure dengan moto cross, rute menuju Puncak Bukit 29 Lumajang bisa di tempuh melalui Wisata Gunung Bromo. Tentu saja tidak hanya Bukit 29 saja yang bisa dinikmati, yaitu padang savanah, Pasir Berbisik , Bukit teletubies juga secara otomatis bisa di singgahi.





 jalan bercabang boleh kanan ato kiri




Jika ingin pergi ke sini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi karena tak ada angkutan umum ke sana. Dari Kota Lumajang Anda bisa langsung ke kecamatan Senduro, setelah itu langsung ke Desa Argosari. Pastikan kendaraan yang dipakai dalam kondisi prima, karena sepanjang jalan akan menemui jalan terjal dan agak rusak. Sangat tak disarankan membawa sepeda motor matic karena sangat riskan sekali dengan jalanan yang menanjak. Lebih baik pakai sepeda motor bebek atau sepeda motor yang kuat untuk medan-medan yang terjal.

salah satu contoh jalan yang akan di lalui



Disarankan untuk yang membawa sepeda motor gunakanlah motor bebek atau motor besar, bukan berarti motor matik tidak bisa di gunakan, saya sendiri waktu kesana menggunakan motor matik, tapi motor matik hanya bisa sampai pos  atau di  pembelian tiket, apabila menggunakan mobil, harus di parkir di bawah, jauh sebelum pos, jadi disarankan untuk ngojek sampai kepuncak, karena bila berjalan kaki akan di tempuh 3-4 jam perjalanan. bila yang menyukai tantangan lebih bagus jalan kaki sambil menikmati indahnya panorama alam yang masi asri antara perpaduan gunung dan tanaman sayur mayur warga sekitar, bila beruntung anda akan di suguhkan dengan awan disekitar lereng bukit. 

perjalanan dari pos sendiri hanya ditempuh dengan jaklan kaki sekitar satu jam setengah. tidak disarankan naik ketika hujan turun, karena kondisi jalan yang belum di aspal jadi otomatis jalan akan sangat licin, tunggulah sampai hujan reda. untuk yang sudah lihai dalam berkendara kendaraan boleh naik sampai puncak. untuk air bawalah seperlunya saja, kira2 untuk perjalanan. karena ketika kita di perjalanan banyak penduduk yang berjualan di pinggir jalan bahkan di puncakpun banyak warung-warung yang berjualan. jadi jangan takut kekurangan air minum

 parkiran (pos tiket)
terlihat ada motor mrtik disana

Sesampainya di puncak B29, keindahan gunung Bromo dan Batok menjadi bonus pembayar lelah. Anda juga akan disuguhi pemandangan indah berada di atas awan. Tidak salah jika pemerintah Kabupaten Lumajang memberi nama wisata di atas awan. Hamparan luas lading sayuran dengan karakteristik pegunungan seolah bisa dijangkau tangan. Hawa dingin melengkapi pesona ini. Karenanya, jangan tinggalkan jaket Anda di rumah karena suhu di daerah sini lebih dingin dibanding daerah lain.

keindahan alamnya


Setelah menikmatiindahnya dari Puncak B-29 Desa Argosari, Kecamatan Senduro,  pengunjung juga bisa melanjutkan ke destinasi obyek wisata lainnya yang terdekat seprti air terjun, wisata pendakian Ranu Kumbolo  , Ranu Regulo dan Wisata Gunung Semeru dan tentu saja ke Wisata Gunung Bromo
Bagi yang suka wisata petualang, camping di Puncak B29 Lumajang Desa Argosari sangatlah menyenangkan, apalagi di kombinasikan dengan paket wisata Bromo maupun Paket Tour Bromo Ranu Kumbolo dan Semeru.

No comments:

Post a Comment